Jenis-jenis Bahan Jaket

Jenis-jenis Bahan Jaket

jenis-jenis-bahan-jaket

Jenis-jenis bahan jaket, Jaket memiliki banyak fungsi dan manfaat, bukan hanya sekedar melindungi dari sengatan matahari, Jaket bermanfaat untuk menghangatan tubuh ketikan dingin, Menahan hembusan angin saat berkendara motor, Melindungi dampak benturan atau gesekan saat terjatuh dari motor.

Melindungi dari noda kotoran cipratan lumpur atau beda berbahaya dan Tentu sebagai busana style agar lebih bergaya dan keren. Demgam Jaket yang stylist akan semakin membuat pemakainya nyaman. Selain bermanfaat untuk tubuh juga semakin menambah percaya diri.

Model Jaket atau desain jaket umumnya terbagi 3 yaitu dengan model resleting di depan, Tanpa Resleting dan Resleting di dalam yang tertutup.

Kemudian dari jenis bahan jaket terbagi bermacam-macan jenis, berdasarkan ketebalan mulai dari yang tipis hingga tebal, Dari fungsinya mulai anti air, anti  angin, hingga anti panas. Kemudian berbagai jenis kulit.

Tetapi perlu diingat tidak semua bahan jaket cocok untuk semua model jaket, misal jaket anti angin kurang cocok untuk bahan jenis tipis dan dingin. Atau bahan jenis anti air tidak cocok pakai selain bahan parasut.

Agar lebih jelas berikut Jenis-jenis Bahan Jaket

  1. Jenis jaket bahan Taslan

bahan-jaket-taslan jenis-kain-jaket-bahan-taslan

Bahan kain taslan merupakan bahan kain yang paling sering digunakanuntuk membuat jaket.  Jenis kain taslan sangat populer karena memiliki kemampuan tahan air atau waterproof (tidak semua jenis bahan taslan anti air). Selain digunakan untuk bahan jaket anti air, bahan kain taslan juga dapat digunakan untuk jaket motor karena memiliki kemampuan tahan angin. Karena beberapa jenis memiliki kelebihan anti air dan angin juga sangat cocok digunakan untuk jaket outdoor.

Bahan kain jaket Taslan adalah bahan yang populer untuk pembuatan jaket anti air atau tahan air (waterproof) dan Jaket untuk motor. Karakterisitiknya seperti kain jenis parasut tetapi lebih tebal, lembut dan halus.

Ciri-cirinya kain jaket taslan lainnya memiliki lapisan balon seperti karet yang berguna untuk melindungi dari angin dan air. Kemudian kain jenis taslan juga lebih ringan dan tahan sobek. Itulah mengapa kain taslan sangat cocok untuk pembuatan jaket tahan air dan jaket motor.

Jenis kain taslan bermacam-macam juga antara lain kain taslan jarum, kain taslan semprot, dan kain taslan balon.  Oh ya tidak semua kain taslan tahan air jadi perlu diperhatikan.

Untuk jenis kain taslan yang tahan air biasanya dipasaran disebut dengan kain bahan taslan parasrut. Karekteristiknya memiliki lapisan rubber coating yang tahan terhadap air dan memiliki 95% windproof yang membuat relatif nyaman di outdoor.

Kain taslan terbuat dari bahan serat yang sintetis (polyester) yang diolah dengan kualitas tinggi sehingga kualitas kainnya menghasilkan kualitas bagus dengan kerapatan yang sangat rapat.

2. Kain Jaket Parasut

jaket-bahan-parasut jenis-kain-bahan-jaket-parasut

Jenis kain bahan parasut seperti singgungan bahasan kain jenis taslan, kain parasut lebih tipis dari kain taslan. Karakteristiknya kedap air terbuat dari sejenis poliester atau bahan sintetis hasil pengolahan bumi yang diproses menjadi serat fiberpoly.

Kelemahannya tidak bisa menyerap keringat, lumayan kaku. Kelebihannya tahan air, mudah dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau karena kotoran yang agak sulit menempel.

Bahan kain parasut pun terbagi bermacam-macan ada yang tipis hingga tebal, lembut-kasar, lemah-kuat, hingga tembus-tidak tembus pandang. Berikut jenis kain parasutnya

Bahan kain Parasut Bewai

Bahan ini biasanya dipakai untuk pembuatan jas hujan, karakteriksnya cukup kedap, tebal dan tentu tahan air jadi sangat cocok menahan air dikala hujan.

jenis-kain-jaket-parasut-tahan-air

Bahan kain Parasut Furing

Pernah pakai jaket yang bagian dalamnya dingin dan tipis? Ya itu adalah bahan kain parasut juga yang disebut Furing. Berguna untuk pelapis jaket agar dingin, lembut dan membuat kesan jaket tebal. Biasanya bahan puring digabungkan dengan bahan dakron,

jenis-bahan-jaket-parasut-furing

 

Bahan kain Parasut Metalik

Bahan kain Parasut Metalik sering dipakai pada jaket varsity atau casual, Karaktersitiknya warna yang lebih mengkilap. Memiliki kelamahan mudah sobek dan mengkerut. Jadi lebih baik jangan setrik jaket jenis ini.

jenis-jaket-bahan-parasut-metalik

Selanjutnya Jenis Bahan Jaket

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *